Kurteyki
Kurteyki

Kesimpulan yang saya dapat setelah membaca buku rich dad poor dad

Buku rich dad poor dad mengajarkan saya banyak hal tentang untuk menjadi kaya. selain mengajarkan menjadi kaya buku ini juga mengarah kepada pengembangan diri yang dimana perubahan terbesar untuk melakukan perubahan dalam hidup ada pada diri sendiri.

manfaat yang saya dapat diantaranya adalah :

Untuk menjadi kaya dimulai dari pikiran

Seperti dikatakan ayah kaya kepada saya
bertahun-tahun yang lalu, “Menjadi kaya dimulai dengan pola pikir yang benar,
kata-kata yang benar, rencana yang benar. Setelah kamu memilikinya, langkah-
langkah tindakannya mudah.”

dengan mengetahui cara mengubah kata-kata dan pikiran anda menjadi kata-kata dan pikiran orang kaya, pensiun muda dan pensiun kaya akan mudah.

ayah kaya berkata, “Ketika seseorang mengatakan sesuatu seperti ‘Saya tidak sanggup membelinya” atau ‘Saya tidak bisa melakukannya’ atas sesuatu yang mereka inginkan. Mereka menghadapi persoalan besar. Mengapa di dunia seseorang berkata, “Saya tidak sanggup membelinya” atau ‘Saya tidak bisa melakukannya’ atas sesuatu yang mereka inginkan? Mengapa seseorang membatasi diri sendiri dari hal-hal yang mereka inginkan? Tidak masuk akal.”

Untuk menjadi kaya kamu harus bekerja membangun aset

Saya akan membahas tiga aset utama yang membuat orang kaya dan memungkinkan mereka untuk pensiun muda. Ketiga aset itu adalah:

1. Real estat
2. Aset Kertas
3. Bisnis

Setelah bebas, kami cukup melanjutkan membangun portofolio kami dari tiga golongan aset itu, yaitu bisnis, aset kertas, dan real estat, menjadi portofolio raksasa.

Yang membuat Kim dan saya bisa pensiun muda dan pensiun kaya adalah karena kami menghabiskan waktu kami untuk memperoleh aset bukannya bekerja untuk memperoleh uang.

Untuk menjadi kaya kamu harus menunda kenyamanan

ayah kaya saya berkata, “Tantangan terbesar yang kamu hadapi adalah berjuang melawan keraguan dan kemalasanmu sendiri. Keraguan terhadap diri sendiri dan kemalasanmulah yang menentukan dan membatasi siapa dirimu. Kalau kamu ingin mengubah keadaanmu, kamu harus mengatasi keraguan terhadap diri sendiri dan kemalasanmu. Keraguan terhadap diri sendiri dan kemalasanmulah yang membuat kamu tetap kecil. Keraguan terhadap diri sendiri dan kemalasanmulah yang membatasimu dari kehidupan yang kamu inginkan.”

ayah kaya mengindoktrinasikan hal ini dengan berkata, “Tidak ada orang lain di jalanmu kecuali dirimu dan keraguan terhadap diri sendiri. Mudah untuk tetap sama. Mudah untuk tidak berubah. Sebagian besar orang memilih untuk tetap sama sepanjang hidup mereka. Kalau kamu bersedia mengatasi keraguan terhadap diri sendiri dan kemalasanmu, kamu akan menemukan pintu menuju kebebasanmu.”

Inilah saat untuk memilih. Saya dapat membiarkan keraguan terhadap diri sendiri dan kemalasan saya menang atau saya dapat melanjutkan dan mengubah persepsi saya terhadap diri sendiri. Inilah saat untuk bergerak maju atau bergerak mundur.

Untuk menjadi kaya kamu harus mengatasi rasa takutmu

Jika saya belum bisa belajar
cara melakukan kesalahan, belajar cara jatuh, belajar cara mengatasi rasa malu
saya, saya belum bisa pensiun muda dan pensiun kaya.

Untuk menjadi kaya kamu harus menggunakan daya ungkit

Ambillah selembar kertas kosong dan mulailah menuliskan jawaban anda atas pertanyaan ini. Pertanyaannya adalah:
Bagaimana saya dapat melakukan pekerjaan saya bagi lebih banyak orang dengan kerja yang lebih sedikit dan dengan harga lebih bagus?

Kalau anda tidak dapat memikirkan apa-apa, tetaplah berpikir. Ini adalah pertanyaan yang sangat penting. Merupakan pertanyaan, yang jika dijawab dan dilaksanakan, membuat orang menjadi jutawan, bahkan miliarwan (miliarder). Itu sebabnya ayah kaya menyebutnya “pertanyaan sejuta dollar”.

Daud menjadi tokoh besar dengan menggunakan semua daya ungkit yang dapat dia gunakan. Anda dapat melakukan hal yang sama. Buku ini adalah tentang menampilkan raksasa di dalam diri anda.

saya menulis tentang ayah kaya yang berkata, “Kata terpenting dalam dunia uang adalah arus kas. Kata terpenting kedua adalah daya ungkit (leverage).”

Untuk menjadi kaya kamu harus belajar pendidikan finansial

ada tiga jenis pendidikan yang berbeda. Yakni:
1. Pendidikan akademis atau skolastik
2. Pendidikan profesional
3. Pendidikan finansial

Ayah miskin saya berhenti pada pendidikan profesional dan tidak tertarik
dengan pendidikan finansial.

Orang miskin sering kali
miskin karena mereka sering tidak cukup memiliki dasar-dasar dari ketiga jenis
pendidikan.

untuk melihat dirimu pantas atau tidak untuk menjadi kaya adalah dengan melihat pendidikan finansialmu. apakah pantas kamu memiliki kekayaan yang begitu besar dengan pendidikan finansial yang rendah ? tentu saja tidak, uang akan hilang dengan cepat seperti air ketika pendidikan finansialmu rendah.

Bila menyangkut soal bagaimana kami
melakukannya, yang akan saya katakan adalah bahwa sejak 1985 hingga 1994,
Kim, Larry, dan saya berfokus pada tiga jalur ayah kaya menuju kekayaan luar
biasa, yakni :
- Meningkatkan keahlian bisnis
- Meningkatkan keahlian manajemen uang
- Meningkatkan keahlian investasi

Ayah kaya berulang-ulang berkata kepada putranya dan saya, “Daya ungkit finansial adalah kelebihan yang dimiliki kaum kaya dibanding kaum miskin dan kelas menengah.” Dia juga berkata, “Daya ungkit finansial merupakan cara kaum kaya yang lebih cepat untuk menjadi lebih kaya.”

untuk bisa pensiun muda dan pensiun kaya, anda perlu menggunakan beberapa bentuk daya ungkit. Daya ungkit, bukan kerja keras, yang membuat Kim dan saya pensiun dini.

Ayah kandung saya adalah pria yang berpendidikan tinggi dan rajin. Ayah kaya saya adalah pria yang mempunyai daya ungkit tinggi. Itu sebabnya dia bekerja lebih sedikit dan berpenghasilan jauh lebih besar dibanding ayah miskin saya. Kalau anda ingin pensiun dini dan pensiun kaya, sangat penting untuk mengerti cara kerja daya ungkit.

bila anda ingin pensiun muda dan pensiun kaya, anda perlu menemukan daya ungkit yang bekerja terbaik bagi anda.

Buku ini dapat membawa perubahan besar bagi orang yang mengerti cara menggunakan pikirannya untuk menjadi kaya.

Untuk menjadi kaya kamu harus memulainya

Ketika Kim dan saya mulai, kami hampir kehabisan uang, kepercayaan diri rendah, dan penuh keraguan.

Kita semua mempunyai keraguan. Perbedaannya adalah apa yang kita lakukan terhadap keraguan itu.

Sambil duduk di sekeliling perapian setiap malam, kami membicarakan rencana masa depan kami.

Pada Tahun Baru, kami melakukan apa yang kami lakukan setiap tahun, kami menentukan tujuan kami untuk tahun yang baru. Tetapi tahun ini acara penentuan tujuan kami berbeda.

Penutup

saya telah mendengar banyak orang berkata, “Uang tidak membuat anda bahagia.” Pernyataan itu ada benarnya. Tetapi uang membelikan saya waktu untuk melakukan apa yang saya suka dan membayar orang lain untuk mengerjakan apa yang saya benci melakukannya.

Walaupun ayah kaya saya telah mengajari saya dengan baik, saya tetap hanya mempunyai pelajarannya. Saya masih belum menjadi kaya dan itulah saatnya bagi saya untuk menjadi kaya.

Awal bertemu Kim dan Larry

Sebelum saya bertemu Kim, larry dan saya sering duduk-duduk di kedai kopi yang 
terletak di lantai dasar gedung perkantoran di mana kantor Xerox berada. Kami
sering menghabiskan waktu berjam-jam sambil minum bercangkir-cangkir kopi
guna mencari ide-ide tentang cara menghasilkan jutaan dollar dari nol. 

memperoleh beberapa ide yang betul-betul bagus, beberapa ide jelek, dan banyak sekali ide bodoh. 

Kani memperoleh ide kaus oblong, teka-teki gambar dari kayu, produk wisatawan yang melibatkan paket gula dari Hawaii, berita berkala keuangan. Sebagian besar ide-ide itu tidak pernah terlaksana, namun mereka memberikan latihan mental yang bagus. Walaupun sebagian besar ide-ide itu tidak jalan, kami memperoleh ide dompet peselancar dari nilon dan Velcro, memanfaatkan ide itu dan mengubahnya menjadi jutaan dollar. Sayangnya kami tidak mengambil tindakan secukupnya untuk melindungi ide itu dan berakhir dengan kerugian karena persaingan. 

Dengan kata lain, seorang wiraswasta pertama-tama harus menjadi pemimpin yang bagus, dan kita semua dapat berusaha meningkatkan keahlian kepemimpinan kita.

Daftar Pustaka

Kiyosaki, Robert T. Rich Dad's Retire Young Retire Rich. Gramedia. ISBN 9792201815
0 Komentar
Wawasan

Artikel Terkait

Komentar