Kurteyki
Kurteyki

Tentang Daya Ungkit

Tentang Daya Ungkit
saya menulis tentang ayah kaya yang berkata, “Kata terpenting dalam dunia uang adalah arus kas. Kata terpenting kedua adalah daya ungkit (leverage).”

Ayah kaya berulang-ulang berkata kepada putranya dan saya, “Daya ungkit finansial adalah kelebihan yang dimiliki kaum kaya dibanding kaum miskin dan kelas menengah.”

Dia juga berkata, “Daya ungkit finansial merupakan cara kaum kaya yang lebih cepat untuk menjadi lebih kaya.”


gambar diatas menggambarkan perbandingan menggunakan daya ungkit dan tidak.

melakukan lebih sedikit dengan hasil yang lebih banyak.

daya ungkit secara sederhana ialah kemampuan mengerjakan lebih banyak dengan sesuatu yang lebih sedikit.

Satu definisi daya ungkit adalah kemampuan untuk melakukan lebih banyak dengan lebih sedikit sumber daya.

Bila menyangkut tentang topik bekerja, uang, dan daya ungkit, ayah kaya sering berkata, “ Kalau kamu ingin menjadi kaya, kamu perlu bekerja lebih sedikit, dan berpenghasilan lebih banyak. Agar dapat melakukannya, gunakanlah suatu bentuk daya ungkit.”

Dia menunjukkan perbedaan pernyataan itu dengan mengatakan, “Orang yang hanya bekerja keras mempunyai daya ungkit terbatas. Kalau kamu bekerja keras secara fisik dan tidak maju secara finansial, maka kamu mungkin merupakan daya ungkit orang lain.”

Dia juga berkata, “Kalau kamu mempunyai uang di bank pada rekening tabungan atau rekening pensiun, maka orang lain sedang menggunakan uangmu sebagai daya ungkitnya.”

“Manusia telah memperoleh lebih banyak keuntungan dibanding hewan karena manusia secara alamiah mencari semakin banyak daya ungkit."

Pada awalnya, hewan dapat berlari lebih cepat daripada manusia, tetapi kini manusia dapat bepergian lebih cepat dan lebih jauh dibanding hewan karena mereka menciptakan peralatan daya ungkit, seperti sepeda, mobil, truk, kereta api, dan pesawat terbang. Pada awalnya, burung bisa terbang dan manusia tidak bisa. Kini, manusia terbang lebih tinggi, lebih jauh, dan lebih cepat dari burung apa saja.

Ayah kaya saya berkata, “Orang yang mempunyai daya ungkit menguasai orang lain, yang dikuasai tersebut mempunyai daya ungkit lebih sedikit.”

Dengan kata lain, seperti manusia mempunyai kesempatan yang lebih baik dibanding hewan dengan menciptakan peralatan berdaya ungkit, demikian juga, manusia yang menggunakan peralatan daya ungkit ini mempunyai kekuatan lebih besar dibanding manusia yang tidak menggunakannya. Mengatakannya secara lebih sederhana, “Daya ungkit adalah kekuatan.”

Orang yang dapat terbang dari Amerika ke Eropa mempunyai daya ungkit lebih besar dibanding manusia yang hanya mempunyai sebuah perahu dayung untuk menyeberangi Atlantik.”

Dia juga berkata, “Orang miskin menggunakan peralatan berdaya ungkit lebih sedikit dibanding orang kaya. Kalau kamu ingin kaya dan menyamai orang kaya, kamu perlu mengerti kekuatan daya ungkit.”

Kabar baiknya adalah bahwa semakin banyak peralatan berdaya ungkit diciptakan pada masa kini, peralatan seperti komputer, Internet, dan banyak lagi yang akan muncul. Manusia yang dapat beradaptasi untuk menggunakan peralatan daya ungkit ini adalah manusia unggul.

Orang yang tidak belajar menggunakan semakin banyak peralatan daya ungkit akan tertinggal secara finansial atau harus bekerja semakin keras supaya tetap unggul.

Orang yang menggunakan peralatan ini lebih unggul dan orang yang tidak menggunakannya tertinggal seperti yang terjadi pada hewan.

Orang yang menggunakan tenaga kapal besar dengan layar besar menjadi jauh lebih kaya dibanding orang yang tidak menggunakannya. Menjadi jelas bagi saya bahwa orang-orang yang menjadi kaya adalah orang-orang yang menciptakan peralatan untuk menggunakan daya ungkit pemberian Tuhan yang berada di depan mereka.

Orang Tanpa Daya Ungkit Bekerja untuk Mereka yang Memiliki Daya Ungkit

orang-orang yang tertinggal adalah orang-orang yang gagal memanfaatkan peralatan daya ungkit baru yang diciptakan pada masa hidup mereka.

Ayah kaya saya sering berkata, “Orang-orang tanpa daya ungkit bekerja untuk mereka yang memiliki daya ungkit.”

kita mempunyai lebih banyak pilihan ketika
berbicara tentang jenis daya ungkit finansial yang dapat kita gunakan.
Orang-orang yang memanfaatkan peralatan finansial yang lebih berdaya ungkit akan maju secara finansial.
Orang yang menggunakan peralatan daya ungkit yang usang, kuno, atau tidak cukup,
menjadikan keamanan finansial dan masa depan finansial mereka berisiko.

Kalau orang ingin pensiun muda dan pensiun kaya, mereka perlu menambah reksa dana mereka dengan peralatan daya ungkit finansial yang lebih cepat, lebih aman, dan lebih kaya informasi.

Sungguh ironis bahwa orang miskin dan kelas menengah menganggap peralatan finanasial daya ungkit sangat berisiko.

Bukannya menggunakan daya ungkit finansial yang digunakan orang kaya, orang miskin dan kelas menengah cenderung menggunakan daya ungkit fisik untuk berusaha dan lebih maju. Daya ungkit fisik juga dikenal sebagai kerja keras.

Orang kaya menjadi semakin kaya terutama karena mereka menggunakan peralatan daya ungkit finansial sedangkan orang miskin dan kelas menengah tidak

sekurang-kurangnya tidak dengan cara yang sama seperti orang kaya menggunakan peralatan yang sama.

Saya dapat memperoleh investasi yang jauh lebih besar dan maju lebih cepat dibanding orang yang cuma bekerja keras dan mencoba berinvestasi dengan tabungan mereka, yang biasa dikenal sebagai ekuitas.

Orang yang tahu cara menggunakan utang untuk memperoleh aset memiliki daya ungkit finansial istimewa dibanding orang yang tidak mengerti cara memanfaatkan kekuatan utang.

Ayah kaya saya berkata, “Orang kaya menggunakan utang untuk menang secara finansial sedangkan orang miskin dan kelas menengah menggunakan utang untuk kalah secara finansial.”

untuk menggunakan utang sebagai alat daya ungkit, orang perlu memiliki lebih banyak pendidikan finansial.

Kabar baiknya adalah bahwa ada banyak bentuk daya ungkit, selain UOL dan WOL, yang dapat anda gunakan untuk memperoleh atau menciptakan aset bagi diri anda.

Seperti dikatakan ayah kaya saya kepada saya bertahun-tahun yang lalu, “Manusia selalu mencari bentuk daya ungkit yang baru dan lebih tinggi, secara alamiah.”

Pikirkanlah orang yang menyediakan waktu untuk membuat jala penangkap ikan. Orang dengan jaring mempunyai daya ungkit lebih besar dibanding orang yang berusaha menangkap ikan dengan tangan telanjang...tentu saja hal itu benar jika orang dengan jala tahu cara menggunakan jala.

...

Waktu, adalah daya ungkit yang penting.
Saya sering mendengar orang berkata, “Dia beruntung karena dia berada di tempat yang tepat pada saat yang tepat.” Menurut saya pernyataan yang lebih tepat adalah, “Dia beruntung karena dia berpendidikan, berpengalaman, siaga, dan siap memanfaatkan peluang ketika peluang itu muncul.”

Dengan kata lain, orang menjadi miskin bila dia berhenti meningkatkan daya ungkitnya. Hal yang sama berlaku bagi kelas menengah. Orang kaya sejati tidak pernah berhenti meningkatkan daya ungkit mereka.

...

Orang miskin berbeda dengan kelas menengah karena mereka umumnya memiliki lebih sedikit pendidikan dalam daftar daya ungkit pendidikan mereka.

Orang miskin bahkan tidak mempunyai pendidikan dasar atau mereka tidak berhasil menambahkan pendidikan profesional pada daftar mereka sebagaimana yang dilakukan kelas menengah.

Orang miskin mencapai tingkat pendidikan tertentu dan kelas menengah menambahkan sedikit lebih banyak pendidikan ...tetapi pendidikan yang tidak cukup untuk membuat mereka kaya.

Pendidikan adalah bentuk daya ungkit yang penting
orang yang lulus dari universitas tetapi mendapat sedikit
pendidikan finansial sering kali akan tertinggal jauh dari orang yang mendapat
pendidikan finansial, dengan atau tanpa pendidikan universitas.

...

Daya ungkit dapat ditemukan pada waktu luang anda. Saya tahu banyak
orang yang menghabiskan waktu dengan menonton TV atau berbelanja. Banyak
orang yang pernah bertemu dengan saya atau saya baca kisahnya menjadi kaya
pada waktu luang mereka, bukan di pekerjaan mereka. Hewlett-Packard dan Ford
Motor Company dimulai di garasi dan Dell Computer dimulai di sebuah kamar
asrama. Seorang teman saya adalah pengacara pada hari Senin-Jumat dan investor
real estat pada akhir pekan. Kini dia menyumbangkan pelayanan hukumnya secara
gratis kepada organisasi kemanusiaan dan bermain dengan anak-anaknya atau
bermain golf purnawaktu.

...

Berbicara tentang pernikahan, saya pernah mendengar seorang pembicara
berkata, “Hampir tidak mungkin menjadi kaya kalau pasangan anda tidak ingin
menjadi kaya juga.” Saya tidak tahu apakah itu 100% benar tetapi saya yakin
pernyataan itu mengandung kebenaran.

Ayah kaya biasa mengatakan, “Menjadi kaya tidak begitu banyak berkaitan dengan apa yang anda ketahui tetapi siapa yang anda kenal.”

Daftar Pustaka

Kiyosaki, Robert T. Rich Dad's Retire Young Retire Rich. Gramedia. ISBN 9792201815
0 Komentar
Daya Ungkit

Artikel Terkait

Komentar